Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Alasan Orangtua Enggan Bawa Anak ke Posyandu
Home Warta Seputar Posyandu Alasan Orangtua Enggan Bawa Anak ke Posyandu

Alasan Orangtua Enggan Bawa Anak ke Posyandu

 

Pemantauan pertumbuhan balita di Posyandu sangat penting untuk mengetahui adanya gangguan pertumbuhan secara dini. Namun, terdapat beberapa alasan mengapa seorang ibu tidak membawa anaknya ke posyandu.

Guru Besar Pangan Dan Gizi IPB, Prof. Dr.Ir.Ali Khomsan, MS mengatakan, semakin bertambahnya usia anak biasanya ibu menganggap bahwa imunisasi sudah sukses sehingga menganggap tidak perlu lagi ke Posyandu.

"Misalnya, biasanya seorang ibu merasa kasihan membangunkan anaknya yang sedang tidur untuk ke Posyandu. Selain itu bisa juga ibu sedang kerepotan mencari nafkah, sehingga dia tidak bisa datang ke Posyandu,"jelasnya usai Konferensi Pers "Kontes Posyandu Peduli TAT Tingkat Nasional 2013" di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa 8 Oktober 2013.

"Jadi seringkali alasan-alasan itu yang menyebabkan partisipasi ibu mengunjungi Posyandu menjadi rendah,"lanjutnya.

Tetapi, Prof. Ali juga menyoroti persoalan anak-anak usia tiga tahun yang sudah masuk PAUD (Peserta Pendidikan Anak Usia Dini). Biasanya, ibu menganggap masuk PAUD sudah cukup dan tidak perlu ke Posyandu.

"Oleh karena itu, jadi hari PAUD dengan hari Posyandu ada yang disamakan, sehingga ketika anak PAUD dia bisa ditimbang saat itu dan itu bisa menjadi salah satu solusinya"

Jadi, menurut Prof.Ali Khomsan pada intinya yang terpenting adalah partisipasi dari masyarakat itu sendiri agar tetap berkunjung ke Posyandu untuk melakukan pemantauan gizi anak.

 

Sumber: okezone.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

"Tentu saja bukan sekedar iseng. Ini satu panggilan yang sangat menyenangkan"
Bu Ida Kader dari RT 2

Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?