Home Warta Seputar Posyandu Warta Posyandu Lansia Pentingnya Lansia Jaga Kesehatan

Pentingnya Lansia Jaga Kesehatan

 

 

Pembentukan Posyandu Lanjut Usia (Lansia) pelayanannya sudah dibuka di seluruh Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja PKK di tingkat desa/kelurahan.

“Sejak dibukanya Posyandu Lansia 2009 silam hingga kini sudah mempunyai anggota lansia sebanyak 100 orang lebih,” terang Ketua Pengurus Posyandu Lansia Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Leni Candra saat ditemui di Posyandu RT 08 Kelurahan Petung, belum lama ini.

Leni mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh posyandu yang dipimpinnya berupa penimbangan berat badan, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kandungan gula dalam darah, kadar kolestrol dan lain-lain.

Seluruh kegiatan posyandunya ini berada dibawah pengawasan sejumlah tenaga medis yang ditunjuk oleh puskesmas induk Petung. Selain itu, para anggota lansia yang datang dalam kegiatan yang dilaksanakan hanya satu kali sebulan itu mengontrol semua kemungkinan yang dapat mengganggu kesehatan para lansia.

“Mereka kita periksa kesehatannya, setelah itu disesuaikan dengan kebutuhannya, para lansia ini kita berikan pelayanan pengobatan gratis, pemberian suplemen, vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan,” jelas Leni.

Ditambahkannya, kegiatan posyandu ini merupakan wujud nyata dari program Bupati H Andi Harahap dan Wakil Bupati H Mustaqim MZ dalam meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kesehatan gratis yang dijanjikan kepada masyarakat kabupaten.

“Tujuan kegiatan Posyandu Lansia ini mengontrol kesehatan warga kita yang sudah memasuki lansia, mereka kita berikan penyuluhan tentang kesehatan lanjut usia, selain pemberian obat-obatan juga diberikan penambahan gizi berupa suplemen, seperti kacang-kacangan, jus yang terbuat dari buah-buahan yang mengandung vitamin dan protein yang bermanfaat bagi kesehatan,” papar Leni.

Sementara, salah seorang anggota lansia Saikun (57) warga RT 08 Petung menuturkan, selama mengikuti kegiatan Posyandu Lansia ini merasakan manfaat yang positif bagi kesehatannya.

“Saya sangat merasakan manfaat dari kegiatan Posyandu Lansia ini, karena yang saya rasakan adalah dampak kesehatan, seperti dulunya terasa ada sakit-sakit, tulang tersa linu dan nyeri.

Sering merasakan lesu kurang tenaga, Alhamdulillah sekarang selama ada kegiatan ini rutin saya ikuti manfaatnya sangat baik bagi kesehatan saya,” ungkap Saikun

 

Sumber:   balikpapanpos.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

ANDA ingin mempunyai Web baik untuk Web Usaha maupun Pribadi?

Kami siap membantu mulai Pembutan Web maupun Mengajarkan Pengoperasionalannya dengan biaya yang sangat murah. Selain itu kami juga bisa membuatkan animasi-animasi sederhana seperti yang kami contohkan di Web posyandu.org ini. Biaya 1 animasi hanya Rp 25.000. Seluruh(100%) hasil/pendapatan pembuatan Web dan Animasi digunakan untuk operasional pembiayaan Posyandu TTC.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?