Home Anak dan Keluarga Metode Efektif Pendidikan Anak

Metode Efektif Pendidikan Anak

 

Kali ini kita akan mencoba membahas secara sederhana metode efektif pendidikan anak di lingkungan keluarga. Sudah sama dimaklumi bahwa pendidikan anak menjadi tanggung jawab utama orang tua di rumah tangga. Gilirannya nanti tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua. Anak yang sudah mencapai kematangan, misalnya seorang kakak, juga berkewajiban mendidik adik-adiknya dengan baik.

Kelak, anak yang sudah mencapai kematangan mental spiritual dan fiscal akan menjadi wali pengganti orang tua dalam berbagai hal di lembaga sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Pihak sekolah misalnya, memanggil orang tua atau wali murid. Dalam hal ini boleh diwakilkan kepada kakanya yang sudah dewasa. Ini menjadi persyaratan wali yang diharuskan oleh pihak sekolah.

Tanggung jawab pendidikan anak sanagt kompleks. Kompleksitas ini meliputi berbagai aspek seperti; keimanan, ketaqwaan, moral, spiritual, mental, sosial dan fiskal. Semua aspek ini akan membentuk karakter yang baik pada anak.

Sebagai orang tua, kita akan terus berupaya mencari berbagai metode yang dianggap efektif dalam pendidikan anak. Agar anak dapat mencapai kematangan karakter dan kepribadiannya.

Salah satu metode yang paling efektif dalam pendidikan karakter anak adalah keteladanan orang tua dan orang dewasa di lingkungan keluarga. Karakter tidak dapat diajarkan melainkan ditanamkan melalui contoh dan suri tauladan yang baik.

Para ahli pendidikan meyakini metoda keteladan paling efektif untuk mencapai keberhasilan dalam membentuk kematangan anak. Anak memang suka meniru dan mencontoh sikap dan kepribadian tokoh-tokoh tertentu. Menjadi tokoh idola bagi anak diyakini tidaklah semudah membalik telapak tangan. Hal ini berhubungan dengan keterbatasan dan kekurangan kita sebagai orang tua di rumah tangga.

Kita sebagai orang tua sering menyuruh dan mengajari anak untuk melakukan sesuatu yang baik namun kadang-kadang tidak sempat menerapkannya atau memberi contoh untuk melakukannya. Ini beberapa keterbatasan dan kekurangan kita.

Namun demikian sebagai orang tua kita menyadari bahwa metode keteladanan dalam pendidikan anak mutlak diupayakan sebaik mungkin.  Demi mewujudkan kematangan anak dalam berbagai aspek yang disebutkan di awal tulisan ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber;  uda-go-blog.blogspot.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Karena dia ku dapat terenyum .... Dan karena dia ku dapat tertawa. Wajah mungil yang membawa kecerian"
Bu Agnes Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?