Home Berita Paud PAUD Dikabupaten Rembang Bertambah

PAUD Dikabupaten Rembang Bertambah

Kemudahan yang diberikan Dinas Pendidikan Rembang terkait pendirian lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), disambut gembira kalangan masyarakat khususnya pelaku dunia pendidikan. Kurun waktu 5 bulan di tahun 2011, jumlah tempat pembelajaran anak usia dini tersebut telah berkembang, bertambah sejumlah 17 unit.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Dandung Dwi Sucahyo melalui Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Winaryu Kutsiyah menginformasikan, dari pendataan ulang lembaga PAUD sampai awal tahun 2011, diketahui sebanyak 326 unit. "Dalam perkembangannya, hingga bulan Mei ini bertambah menjadi 343 unit atau bertambah 17 lembaga baru," terangnya, Jumat (20/5).

Menurut dia, berdirinya lembaga baru PAUD tidak lepas dari kemudahan yang diberikan Dinas Pendidikan dalam hal perijinan. Namun kemudahan bukan tanpa syarat karena ada indikator-indikator yang harus dipenuhi. "Diantaranya ada tempat pembelajaran yang representatif, struktur organisasi lengkap, memiliki sarana pembelajaran APE sesuai standar dan diampu tenaga pendidik berkompetensi," ujarnya.

Lanjut dia, khusus untuk tenaga pendidik lembaga PAUD idealnya mereka lulus S1 kependidikan, namun karena sulit memenuhi kriteria itu, bisa saja lembaga PAUD diampu oleh tenaga pendidik minimal lulus SMA. Tetapi sebelumnya mereka telah mengikuti pelatihan dan magang mengajar, sedikitnya selama 1 tahun serta  terdaftar di Dinas Pendidikan. "Jika sudah mengikuti tahapan tersebut, dinyatakan layak menjadi tenaga pengajar lembaga PAUD," cetusnya.

Dia menambahkan, dari 343 lembaga PAUD yang ada saat ini terdata diampu oleh 9.931 orang tenaga pendidik. Bagi yang belum memenuhi kualifikasi lulus S1 kependidikan, setiap tahun diwajibkan mengikuti kompetisi dan urutan 5 besar mendapat bea siswa dari pemerintah untuk menuntut ilmu di Perguruan Tinggi sesuai dengan kompetensi pendidik PAUD. "Sedangkan bagi mereka yang berasal dari keluarga mampu, diharap dengan inisiatif sendiri bersedia melanjutkan pendidikan agar memenuhi kualifikasi pengajar," imbuhnya.

Sebagai reward pemerintah terhadap lembaga pembelajaran anak usia dini tersebut, pada tahun 2010 lalu sebanyak 149 orang mendapat insentif dari anggaran APBN, 158 orang menerima insentif dari APBD Propinsi dan 120 orang memperoleh insentif dari APBD Kabupaten. "Kami terus mengusulkan penambahan jumlah penerima insentif, untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja," pungkasnya.

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?