Home Berita Paud Jabar Ingin Tak Ada Lagi Yang Buta Huruf pada 2012

Jabar Ingin Tak Ada Lagi Yang Buta Huruf pada 2012

 

Ketua Tim Penggerak Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jabar Netty Prasetiyani Heryawan menargetkan, angka buta huruf di masyarakat di Jabar pada tahun depan telah habis.

"Saat ini secara kualitatif masyarakat yang buta huruf semakin menurun, diharapkan pada tahun depan telah habis. Kebanyakan masyarakat yang buta huruf tersebut perempuan dibandingkan dengan laki-laki," terang Netty kepada wartawan di sela-sela 'Workshop Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG)' di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unpad, Jalan Banda Kota Bandung, Senin (7/11/2011).

Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, pihaknya terus melakukan pengajaran kepada masyarakat sehingga jumlah buta huruf menurun. Seperti kegiatan belajar membaca di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Pembelajaran yang dilakukan tidak hanya belajar membaca, tetapi melalui pembelajaran praktik langsung. Seperti belajar membaca dalam membuat kue, misalnya saat mengajarkan ini telur maka dengan menunjukan telurnya seperti apa," tambahnya.

Ia mengatakan, perempuan yang mengalami buta huruf yaitu perempuan dengan usia produktif. Hal itu terjadi, karena diskriminasi masyarakat terkait jenis kelamin masih ada.

"Pada masa lalu, dalam aspek pendidikan, ketika orang tua sulit siapa yang akan disekolahkan antara laki-laki dan perempuan. Maka dipilih laki-laki karena calon pemimpin dibandingkan menyekolahkan anak perempuan," imbuhnya.[

 

Sumber: .inilahjabar.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Karena dia ku dapat terenyum .... Dan karena dia ku dapat tertawa. Wajah mungil yang membawa kecerian"
Bu Agnes Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?