Home Warta Seputar Posyandu 30.000 Posyandu Tidak Aktif

30.000 Posyandu Tidak Aktif

 

Sebanyak 30.000 pos pelayanan terpadu (posyandu) di Jawa Barat dalam kondisi beku atau tidak melakukan aktivitas. Sementara jumlah posyandu yang masih melakukan kegiatan hanya mencapai 20.000 posyandu.


Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan,tingginya jumlah posyandu yang mengalami kebekuan merupakan dampak dari kurangnya pembinaan serta keterbatasan peralatan. Faktor lainnya adalah kader posyandu yang cenderung memilih untuk tidak aktif lagi di posyandu. “Penyebab utama tidak aktifnya pelayanan terpadu ini adalah keterbatasan peralatan dan kurangnya pembinaan,” ungkap Netty di Sukabumi, kemarin.

Kondisi itu membuat Netty prihatin.Pasalnya keberadaan posyandu ini sangat strategis karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, dibandingkan lembaga pelayanan kesehatan lainnya. Karena itulah,dalam upaya peningkatan fungsi posyandu, Pemprov Jawa Barat menggagas program revitalisasi posyandu. Selain perekrutan dan pelatihan kader posyandu, program ini juga menggulirkan pemberian insentif untuk para kader.

“Dana yang sudah disiapkan untuk revitalisasi posyandu ini mencapai Rp50 miliar. Bagaimanapun posyandu sangat penting sebagai penanggulangan permasalahan kesehatan di masyarakat, seperti diare dan gizi pada anak usia dini serta sebagai penyuluh kesehatan, ”ungkapnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (BPMPD) Jabar Dadang M Ma’sum mengungkapkan, dana revitalisasi posyandu sebesar Rp50 miliar ini akan dibagi lagi,yakni Rp19 miliar di antaranya akan digunakan untuk membangun 1.000 posyandu. Langkah ini akan dilakukan pada Juni hingga akhir 2012. “Targetnya sampai akhir tahun nanti terdapat posyandu baru sebanyak 1.000 unit,”ujar Dadang.

 

Sumber:seputar-indonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mukanya yang mungil dan semyumnya yang lucu selalu membawa kegembiraan dan kedamaian"
Bu Juni Kader dari RT 6

Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?